Senin, 08 November 2010

Wacana Ilmiah

Aids
AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah nama penyakit yang berarti sindroma dapatan penurunan kekebalan tubuh. Ada pula yang menyebutkan sebagai penyakit kurus karena penderitanya memang sangat kurus. Sebagai sindroma, gejala AIDS sangat banyak, antara lain diare lebih dari sebulan, demam lebih dari sebulan, dan menurunnya berat badan secara cepat. Dari ketiga gejala tersebut, yang terpenting adalah gejala menurunya berat badan. Tanda-tanda lain antara lain batuk lebih dari 2 minggu, pembengkalan kelenjar (di ketiak,leher,dan selangkangan), sakit kepala hebat dengan leher kaku, bengkak-bengkak cokelat tua yang cepat menyebar di kulit dan lain-lain.
AIDS disebabkan oleh virus yang hidup dalam darah dan cairan tubuh lainnya. Virus ini merusak system kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mampu lagi membentengi badan dari serangan berbagai penyakit. Setelah virus ini berada di dalam tubuh, ia bisa berada di sana bertahun-tahun sebelum mulai membuat orang itu sakit. Siapa saja bisa terkena AIDS, tidak peduli umur, suku, pekerjaan, maupun orientasi seksualnya, apabila seseorang pernah berhubungan seks dengan orang yang membawa virus AIDS, disuntik/menyuntik diri dengan jarum kotor, atau memperoleh transfuse darah yang terkontaminasi virus AIDS, maka ia juga dapat terkena AIDS. Begitu pula dengan bayi yang ibunya membawa virus AIDS.
Ada tiga cara penularan AIDS pada bayi yaitu ketika janin masih di dalam kandungan, pada saat dilahirkan yang penuh darah, dan melalui Air Susu Ibu. Meskipun begitu, tetap lebih baik menyusui dengan ASI daripada susu bubuk (baik karena kemungkinan tertulari AIDS secara matematis hanya 50%, maupun karena ASI mengandung banyak zat yang berguna bagi kekebalan bayi).
Dari semua kasus penderita AIDS yang berhasil sembuh, ada hal-hal penting yang bisa ditarik. Pertama, memang virus HIV sebagai penyebab utama, tapi juga bergantung pada kondisi fisik dan psikis masing-masing korban. Kedua, mereka yang berhasil lolos dari maut adalah mereka yang secara sadar mengubah gaya hidupnya menjadi lebih positif.

Penanggulangan AIDS dengan Cara ABC

Penanggulangan AIDS, sebagaimana dianjurkan oleh para relawan yang telah bekerja di berbagai Negara seperti Uganda untuk mengatasi penyebaran HIV, sebetulnya jauh lebih sederhana daripada yang Anda pikirkan. Penanggulangan AIDS secara ABC adalah daftar cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga diri Anda juga orang-orang terdekat Anda, agar aman :
Abstain : Tidak melakukan hubungan seks
Be Faithful : Setia pada pasangan Anda
Use Condoms : Gunakan kondom

Abstain: Tidak melakukan hubungan seks. Tanpa diragukan lagi, tidak melakukan hubungan seks merupakan cara terbaik untuk menghindari penularan.

Be Faithful: Setia pada pasangan. Bila Anda memutuskan untuk melakukan hubungan seks, setialah pada pasangan Anda. Cobalah untuk membatasi diri Anda dan bangunlah hubungan yang kuat dan harmonis bersama pasangan Anda.

Use Condoms: Gunakan kondom. Bila tidak melakukan hubungan seks bukan pilihan bagi Anda, dan Anda tidak memiliki pasangan tetap, Anda harus selalu menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar