Jumat, 02 Oktober 2009

Pengangguran

Pengangguran Sebagai Masalah Manajemen Sosial Kemasyarakatan

A. Definisi

Pengangguran adalah istilah untuk orang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap atau tidak bekerja sama sekali, atau sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak

Pengangguran disebut juga Tuna Karya

B. Faktor Penyebab Pengangguran:

- Minimnya lapangan kerja

- Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang rendah

- Pendidikan

- Persaingan di dunia kerja yang sangat ketat.

1. Minimnya Lapangan Kerja

Keterbatasan lapangan kerja di Indonesia mengakibatkan banyak orang tidak memiliki pekerjaan baik pengangguran maupun pengangguran terdididik.

2. Kualitas Sumber Daya Manusia yang rendah

Faktor ini merupakan bagian yg penting dalam masalah pengangguran di Indonesia dikarenakan banyak SDM yang terbukti kurang kompeten dalam menghadapi persaingan dunia kerja yg sangat ketat.

3. Pendidikan

Masih banyak orang-orang yg putus sekolah akibat keadaan ekonomi bangsa ini, dan bagaimana kita dapat mengurangi angka pengangguran jika masih banyak saudara-saudara kita yang belum mendapatkan pendidikan yang layak.

4. Persaingan duinia kerja

Banyaknya pencari kerja yag berpengalaman membuat banyak pelamar pekerjaan mempunyai kesempatan kerja yang kecil.

C. Cara Mengatasi Pengangguran

- Memperluas kesempatan kerja

- Meningkatkan kualitas kerja

1. Memperluas Kesempatan Kerja :

Kesempatan kerja dapat diperluas dengan cara pengembangan industri yang bersifat padat karya (yang dapat menyerap relatif banyak tenaga kerja). Jadi semakin banyak orang yang mendapatkan lapangan pekerjaan.

2. Meningkatkan Kualitas Kerja:

Meningkatkan kualitas kerja dari tenaga kerja yang ada, sehingga mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan keadaan. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, kursus, balai latihan kerja, mengikuti seminar dan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar