Minggu, 29 November 2009

Konflik Ethnis China

Konflik Etnis China


Indonesia adalah sebuah masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai suku, ras dan agama (majemuk). Kemajemukan ini diperlihatkan oleh adanya berbagai golongan etnis yang ada didalamnya di bawah suatu negara kebangsaan. Salah satunya ialah etnis Tionghoa/China. Ada beberapa faktor-faktor yang membuat konflik terhadap etnis china timbul di Indonesia : :
(1) Tidak terjadinya perubahan pola kultur etnis keturunan Cina ke dalam penduduk pribumi, sehingga masih kuatnya in group feeling penduduk etnis keturunan Cina terhadap kulturnya;
(2) Anggapan kultur etnis keturunan Cina lebih tinggi dari komuniti pribumi:
(3) Prasangka stereotipe negatif terhadap penduduk pribumi yang pemalas, bodoh, tidak bisa menggunakan kesempatan baik dsb
Sebaliknya, Masyarakat Pribumi juga mempunyai pandangan lain terhadap Etnis China
Antara lain:
(1) Diskriminasi pribumi terhadap etnis keturunan Cina dalam kesempatan menduduki jajaran aparat desa/pemerintahan;
(2) Nilai-nilai dan kekuatan konflik yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan agama dan kesenjangan ekonomi di antara kedua etnis.
Inilah Merupakan beberapa faktor yg membuat Konflik antara Etnis China dengan Kaum Pribumi. Hasil dari konflik ini juga menghasilkan kekacuan yang mengarah kepada tindak kekerasan kepada etnis china.

Dengan adanya konflik ini, diharapkan adanya perubahan ataupun penyelesaian antara kedua kubu yang berseteru. Diantaranya:

· Diperlukan bentuk hubungan antar kelompok yang harmonis
· Saling Menghormati satu sama lain
· Mengutamakan Pancasila
· Mengesampingkan Suku Agama dan Ras

Jika hal-hal tersebut dicapai, maka bangsa ini akan bersatu dan tidak mudah tercerai berai dan terprovokasi.


SUMBER :

http://www.google.co.id/#hl=id&safe=active&q=penyelesaian+konflik+terhadap+etnis+china&meta=&fp=d81ebe9d46f22a66

1 komentar:

  1. Wah...blognya keren juga nih....kamu anak gundar yah ? blog kamu udah di daftarin lomba blog bulanan di Gunadarma ? kalo belum, cepetan daftar di Studentsite. Syaratnya gampang ko, coba kamu cek di TULISAN INI untuk informasi lebih lanjut. Silahkan gunakan Yahoo Pingbox yang ada pada sebelah kanan situs tersebut untuk bertanya hal - hal seputar blog.

    kurangi aktifitas COPY PASTE yah...coba tuangkan dengan bahasa kamu sendiri.. :D

    Follow Back yach.. ;)

    BAPSI

    BalasHapus